Rabu, 20 Oktober 2010

Tugas Ekonomi Koperasi

Wawancara Koperasi Sekolah

*Ket: PK= Penjaga/Pengurus Koperasi

Hasil wawancara salah satu SMA swasta di Bekasi

SAYA: Koperasi sekolah ini berdiri pada tahun berapa?
PK: Sudah sejak tahun 1987

SAYA: Siapa nama pengurus dan anggotanya?
PK: Pengurusnya adalah Bapak Wahyu dan Ibu Endang, sedangkan anggotanya adalah Ramli dan Linda

SAYA: Apa pengertian dari koperasi sekolah?
PK: Koperasi yang berdiri di lingkungan sekolah yang biasanya anggota-anggotanya terdiri atas siswa/siswi sekolah dan juga para guru. Koperasi sekolah juga dapat didirikan pada berbagai tingkatan sesuai jenjang pendidikannya.

SAYA: Apa saja fungsi koperasi sekolah?
PK: ~ Menumbuhkan kesadaran berkoperasi di kalangan siswa.
~ Membina rasa tanggung jawab, disiplin, setia kawan, dan jiwa koperasi.
~ Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi, agar dapat berguna di masyarakat.


SAYA: Apa tujuan berdirinya koperasi sekolah?
PK: Untuk pembentukan koperasi sekolah di kalangan siswa/siswi dilaksanakan dalam rangka menunjang pendidikan siswa dan latihan berkoperasi. Dan juga untuk tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak sekarang.

SAYA: Bagaimana struktur organisasi koperasi sekolah?
PK: Anggota - Pengurus - Badan Pemeriksa - Badan Penasehat - Pembina dan Pengawas

SAYA: Apa saja ciri-ciri koperasi sekolah?
PK: ~ Anggotanya siswa-siswi sekolah tersebut.
~ Keanggotannya selama kita masih menjadi siswa.
~ Koperasi sekolah dibuka pada waktu istirahat.
~ Sebagai latihan dan praktek berkoperasi.
~ Melatih disiplin dan kerja.
~ Menyediakan perlengkapan pelajar.
~ Mendidik siswa berhemat/menabung.

SAYA: Apa saja manfaat dari koperasi sekolah?
PK: Adalah untuk memudahkan siswa-siswi membeli kebutuhan sekolah seperti alat tulis, atribut-atribut sekolah dan lain-lain dan agar siswa tidak mondar mandir mencari warung di luar sekolah.

SAYA: Modalnya dapat diperoleh dari mana saja?
PK: ~ Simpanan wajib anggota koperasi siswa.
~ Simpanan pokok anggota koperasi siswa.
~ Sisa hasil usaha yang disisihkan.
~ Pinjaman ke sekolah atau pihak lain.
~ Sumber dana lain yang layak dan tidak mengikat.

SAYA: Bagaimana cara pembagian keuntungannya?
PK: Keuntunganya untuk pihak sekolah dan dibagi rata antara pengurus, anggota koperasi juga pihak sekolah.

SAYA: Barang-barang apa saja yang tersedia di koperasi sekolah ini?
PK: Alat-alat tulis, seragam sekolah, atribut untuk seragam sekolah(topi dan dasi), makanan dan minuman ringan, alat-alat kebersihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar